Rabu, 18 April 2012

Apa sich Hardware itu??


Teknologi adalah disiplin ilmu yang berkaitan erat dengan seni atau sains aplikasi pengetahuan saintifik ke masalah-masalah praktis. Dalam lingkungan pendidikan, teknologi adalah sebuah cabang pengetahuan yang berbasis pada pengembangan dan implementasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan dukungan perangkat lainnya.

Sedangkan komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Nah, untuk kali ini saya akan sedikit membahas tentang "Perangkat Keras" Komputer alias Hardware..

sumber : images.google.com
Apa sich Hardware itu??
Hardware atau yang dalam Bahasa Indonesianya disebut dengan "Perangkat Keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata. Pokoknya intinya Hardware itu yang digunakan untuk mendukung proses komputerisasi. Bisa dibilang Perangkat keras adalah ya peralatan komputer itu sendiri.
Hardware ini bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan, atau istilahnya instruction set.

Komputer terdiri dari beberapa komponen yang bersinambung membentuk sebuah sistem. Komponen-komponen ini saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, maka komponen yang lain tidak bisa berfungsi dengan baik. Nah, komponen-komponen ini termasuk kedalam kategori Perangkat Keras.

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras dibedakan menjadi :
1. Input Device (Alat Masukan) : perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
2. Output  Device  (Alat  Keluaran) : perangkat  keras  komputer  yang berfungsi  untuk  menampilkan  keluaran  sebagai  hasil  pengolahan  data. Keluaran  dapat  berupa  hard-copy  (ke  kertas),  soft-copy  (ke  monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports : bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit) : merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:    ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.    CU Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori : berfungsi  untuk  menyimpan  data  dan  program.  Memori beraneka  tipe  dari  yang  tercepat  aksesnya  sampai  yang  terlambat. Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada table berikut.

6. Data  Bus : jalur-jalur  perpindahan  data  antar  modul  dalam  sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang  dapat  ditransfer  pada  suatu  saat.  Lebar  data  bus  ini  menentukan kinerja  sistem  secara  keseluruhan.  Sifatnya  bidirectional,  artinya  CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address  Bus : digunakan  untuk  menandakan  lokasi  sumber  ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus : digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar